Class adalah kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi object. Dengan modularitas, struktur dari sebuah program akan terkait dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan melalui program tersebut. Cara seperti ini akan menyederhanakan pemetaan dari masalah ke sebuah program ataupun sebaliknya.

Method adalah sarana bagi programmer untuk memodularisasi, artinya membreak atau memecah program kompleks menjadi bagian yang kecil-kecil. Setiap method yang menghasilkan suatu nilai dengan tipe data tertentu yang dinamai Return Type. Apabila terdapat suatu fungsi yang tidak menghasilkan suatu nilai apapun maka bagian return type ini diganti dengan void.Penamaan method mengikuti kaidah penamaan seperti pada penamaan variabel.
Bagian parameter pada method diisi dengan parameter-parameter fungsi yang diperlukan. Passing Parameter  dilakukan dengan cara pass by value dan pass by reference.Dengan analogi tersebut, otomatis beberapa hal umum seperti local variable,pemanggilan method, pendefinisian return value type, dsb adalah sama.
Modifier adalah ruang lingkup aksesibilitas dari sebuah Obyek dan anggotanya. Kita dapat mengontrol ruang lingkup objek anggota kelas menggunakan access modifier. Kita menggunakan access modifier untuk menyediakan keamanan Code yang kita Buat.
Capek banget nulis segitu banyaknya
Okelah ane jelasin sekarang bagaimana ini kalau di aplikasikan


C#

</pre>

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;

namespace Bab1
{
    class perkalian //Class
        {
            private int a; // Modifier private 
            public int b; // Modifier public

            public void nilai1() //Method Public
            {
                Console.Write("Masukan Nilai 1 :");
                a = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
                Console.Write("Masukan Nilai 2 :");
                b = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
            }
            private void tes() //Method Private
            {
                Console.WriteLine("di coba");
            }
            public void hasil1(int c)
            {
                Console.Write("Hasilnya = "+ a*b);
            }
        }
    class Program
    {
        static void Main(string[] args)
        {
            perkalian n = new perkalian(); //bikin object n
            n.nilai1();
            n.hasil1(0);
            Console.ReadKey();
        }

    }
}

<pre>

C++

</pre>

#include <cstdlib>
#include <iostream>

using namespace std;

class perkalian
{
 private : int a;
 public : int b;

 private : void test1()
 {
 cout << "perkalian" <<endl;
 }
 public : void nilai()
 {
 cout<<"masukan Nilai 1 = ";
 cin>>a;
 cout<<"masukan Nilai 2 = ";
 cin>>b;
 }
 public : void hasil()
 {
 cout<<"Hasilnya = "<<a*b<<endl;
 }
};

int main(int argc, char *argv[])
{
 perkalian p;
 p.nilai();
 p.hasil();

 system("PAUSE");
 return EXIT_SUCCESS;
}

<pre>

Java 

</pre>

package bab1;
import java.util.*;

class perkalian
{
 public int a;
 public int b;
 private int hasil;

private void test ()
 {
 System.out.println("Perkalian");
 }
 public void jumlah()
 {
 System.out.println("Hasilnya = "+a*b);

}
}
public class Main {

private static Scanner input = new Scanner(System.in);
 public static void main(String[] args)
 {
 perkalian p = new perkalian();

System.out.println("Masukan Nilai 1 = ");
 p.a=input.nextInt();
 System.out.println("Masukan Nilai 1 = ");
 p.b=input.nextInt();

p.jumlah();

}

}

<pre>