Pernahkah kamu dengan Double klik file terhapus semua? Hanya dengan kamu double klik salah satu icon yang membuat kamu penasaran itu bisa menjadi kesalahan fatal dan mengakibatkan semuan file menghilang tanpa konfirmasi terlebih dahulu. Memang script ini jika disalahgunakan akan menyebabkan kehilangan file yang menurut kamu pentingn dan sangat di jaga. Setelah kemadin menulis artikel tentang Mengatur ukuran huruf template kali ini siswa tkj akan membahas mengenai masalah program.

Pada suatu hari ketika siswa tkj di sekolah belajar CMD (Command Prompt) dengan salah satu guru kopetensi kejuruan yaitu pak Yusuf Effendi salah satu teman ku ada yang membuat script menggunakan notepad yaitu Dzulfikar syahbani dan Sandy Praditya. Awalnya aku hanya melihatnya saja, akan tetapi setelah mereka coba ke salah satu folder lalu di buka file tersebut dengan secepat mungkin subfolder dari dalam folder tersebut tidak terhapus akan tetapi semua file yang ada di dalam foldernya terhapus semua jadi hanya tinggal tersisa foldernya saja.
Hari selanjutnya ada teman yang meminta file game kepada siswa tkj dengan menyodorkan flashdisk, ya otomatis aku kasih namun saking ingin tahunya aku maka aku taruh satu file script tertentu dengan nama Hadiah untukmu. Esok pun tiba aku bertemu lagi dengan dia (Orang yang kemarin minta file game) dia bertanya padaku kenapa ya pas aku klik salah satu file di flashdisk aku tiba-tiba filenya terhapus semua? Aku jawab sambil tertawa ye kenapa malah di klik, ya aku tidak tahu. Nah, untuk teman-teman sahabat blogger yang ingin mengetahui scriptnya seperti apa maka silakan ikuti langkah-langkah seperti berikut.

Pertama, buka notepad dan masukan script seperti ini:

Kedua, save as file tersebut ke folder yang kamu inginkan dengan ekstensi .cmd seperti misalnya hadiah.cmd setelah itu silakan kamu coba klik file tersebut dua kali.

Kererangan…
File yang terhapus hanya file yang di dalam folder saja, file yang diluar folder tidak akan terhapus. Jangan takut untuk mencobanya. Karena semakin banyak kita mencoba, maka kita akan semakin bisa.